13 Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kemerahan Akibat Iritasi dengan Bahan Alami

Kecantikan.co.id – 13 Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kemerahan Akibat Iritasi dengan Bahan Alami. Rona kemerahan pada wajah akan terlihat bagus dan memberi kesan wajah kita sehat alami. Namun andai rona kemerahan itu bertahan lama dan susah dihilangkan, dengan kata lain ada urusan tertentu yang menciptakan wajah menjadi kemerahan dalam waktu yang cukup lama. Wajah yang memerah dengan cantik tentunya bakal memberi kesan segar dan lebih hidup pada wajah Anda, tetapi andai kulit yang kemerahan itu terjadi sebab adanya masalah pada kulit, tentunya urusan tersebut perlu ditanggulangi dengan segera. Penyebab wajah kemerahan sangatlah banyak sekali, antara lain disebabkan karena terbakar sinar matahari, reaksi alergi terhadap bahan kimia, ataupun menunjukkan penyebab medis lain.

Salah satu penyebab umum dari kemerahan pada wajah ialah iritasi yang akumulasi dari sekian banyak masalah yang terdapat pada kulit wajah. Beberapa pakar yang sudah berpengalaman dalam bidang kulit juga percaya baha bisa jadi wajah merasakan kemerahan dapat disebabkan dari gabungan faktor genetis dan lingkungan. Tidak melulu kemerahan di wajah akan terlihat jelas, tetapi seringkali disertai dengan rasa sakit, rasa terbakar atau tersengat, dan radang.

Menghilangkan Kemerahan Pada Kulit Akibat Iritasi

Iritasi akan mengakibatkan kulit wajah menjadi kering dan meradang. Anda pasti akan merasa risih bilamana penampilan wajah anda yang sedang meradang ke depan umum. Berikut ini sejumlah cara menghilangkan kemerahan di wajah dampak iritasi dengan bahan alami:

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Masker Secara Alami

Kompres Dingin

Kompres dingin pada kulit wajah merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kemerahan pada wajah dampak iritasi. Kulit wajah yang merasakan iritasi bakal meradang dan berwarna merah. Bahkan kompres dingin sering dipakai sebagai bantuan awal pada cedera kepala atau memar dampak benturan. Karena hal tersebut bisa untuk kompres dingin akan bekerja baik pada warna kemerahan di wajah guna menyejukkan kulit dan meredakan pembengkakan kulit. Anda membutuhkan es batu dan handuk untuk mengompres wajah dengan mudah. Masukkan es batu ke dalam handuk atau saputangan dan kompres wajah kita dengan menggunakan es batu tersebut. Manfaat air dingin bagi wajah dan mencuci muka dengan air es bisa Anda coba pun untuk merawat kulit wajah, tetapi waspadai efek samping membasuh muka dengan air es.

Lidah Buaya

Polysaccharida yang ada di dalam gel tumbuhan lidah buaya, sangat bermanfaat untuk dipakai dalam berbagai macam masalah kesehatan dan juga kecantikan. Lidah buaya dapat merawat masalah kulit dan meminimalisir peradangan. Manfaat lidah buaya bagi kulit wajah tidak ada bedanya dengan cara menggunakan lidah buaya sebagai masker untuk wajah. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk kemerahan di wajah dampak iritasi:

Siapkan satu batang tumbuhan lidah buaya.
Cuci wajah dengan air hangat.
Iris dan keluarkan gel dari dalamnya.
Oleskan tipis pada wajah, biarkan mengering sebelumnya.
Bilas dengan air dingin, ulangi dua kali sehari sekitar dua bulan.

Minyak Kelapa

Sebagai di antara bahan alami yang populer dalam penciptaan kosmetik, minyak kelapa mempunyai manfaat anti radang yang paling efektif. Ini berarti bahwa minyak kelapa bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kemerahan pada wajah dampak iritasi.

Baca Juga : 25 Cara Menghilangkan Kulit Berminyak Secara Permanen Dengan Bahan Alami

Siapkan satu sendok minyak kelapa.
Cuci wajah dengan pembersih dan keringkan.
Gunakan kapas guna melapisi wajah tipis – tipis dengan minyak kelapa.
Tunggu sekitar setengah jam sebelum dibersihkan.

Kamomil

Diantara sekian banyak manfaat yang di hasilkan kamomil ialah dapat mengobati radang di sejumlah bagian tubuh yang bertolak belakang dan untuk radang pada kulit yang mengakibatkan kemerahan pada wajah. Para peneliti berpendapat bahwa pemakaian topikal kamomil akan meluangkan efek anti inflamasi pada kulit yang kering dan teriritasi. Kamomil pun dapat dipakai sebagai teknik menghilangkan bruntusan di wajah.

Siapkan lima kantung teh kamomil dan tiga cangkir air.
Didihkan air itu dan rendam teh, biarkan sekitar 10 menit.
Pindahkan kantung tehnya dan simpan air teh di dalam lemari es sekitar 30 menit.
Celupkan handuk wajah kecil ke dalam teh dingin, peras dan tempelkan ke wajah sekitar 15 menit.
Lakukan perawatan ini empat kali sehari sampai situasi kulit wajah membaik.

Madu

Manfaat madu sangat banyak untuk kulit dicampur dengan minyak zaitun dan beeswax, bisa memberikan anti bakteri pada wajah yang dapat menciptakan wajah merasakan gatal dan iritasi. Manfaat madu guna masker wajah dapat digunakan laksana berikut:

Baca Juga : Berbagai Macam Cara Untuk Membuat Kulit Tubuh Terlihat Lebih Putih dan Cantik

Siapkan satu sendok makan madu, minyak zaitun dan beeswax serta pelembab wajah ringan.
Campur seluruh bahan sampai merata dan pakai pada wajah.
Pijat perlahan sekitar lima menit dan biarkan sekitar 20 menit.
Bilas dengan air hangat dan keringkan, pakai pelembab.
Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

Teh Hijau

Manfaat teh pada wajah dapat didapatkan dengan memakai teh hijau. Teh hijau mempunyai kandungan anti radang yang paten dan dapat mengayomi kulit dari sinar matahari berkat komponen utamanya yang mempunyai nama epigallocatechin -3- gallate (EGCG). Zat itu dapat menghambar kegiatan sel, enzim, dan sitokin yang mengakibatkan radang. Cara memakai teh guna wajah yaitu:

Siapkan dua kantung teh hijau dan dua cangkir air.
Rebus air hingga mendidih, celupkan teh sekitar 20 menit. Pindahkan kantung teh.
Simpan teh dalam lemari es sekitar 30 menit, kemudian celupkan lap bersih ke dalamnya.
Tempelkan pada wajah dan biarkan sekitar 10 menit.
Lakukan cara diatas dua kali sehari sekitar 2-3 bulan.
Anda dapat mengonsumsi teh hijau secangkir dalam sehari untuk menciptakan kulit tetap terhidrasi dan lembab.

Licorice

Tanaman herbal ini berisi anti inflamasi yang paten dan anti iritasi laksana glabridin dan licochalcone A yang bekerja dengan mendorong sekresi pada kulit, glycyrrhizin adalah bahan anti radang. Licorice sering dipakai untuk jenis produk pemutih badan serta brand sabun pemutih badan permanen.

Siapkan satu sendok makan bubuk licorice, satu sendok teh madu dan gel lidah buaya.
Campur seluruh bahan hingga rata, pakai pada wajah secara tipis.
Biarkan sekitar 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
Lakukan teknik ini 2 kali sehari sekitar maksimal 8 minggu.

Oatmeal

Manfaat oatmeal pada wajah sensitif telah dipakai selama berabad -abad untuk meredakan gatal dan radang dampak iritasi dan sekian banyak masalah kulit lainnya.

Siapkan setengah cangkir oatmeal dan seperempat cangkir air.
Giling oatmeal menjadi bubuk kemudian campur dengan air supaya menjadi pasta.
Oleskan pasta pada kulit yang kemerahan, biarkan sekitar 15 menit. Jangan menggosok sebab akan memperparah kemerahan di kulit.
Bilas dengan air dingin, kerjakan dua kali sehari sekitar seminggu.

Bunga Feverfew

Bunga feverfew secara luas dipakai sebagai obat tradisional untuk sakit demam, sakit kepala, masalah pencernaan, dan arthritis. Selain hal tersebut juga bisa menghambat hal yang menciptakan iritasi sampai-sampai dapat menjadi teknik menghilangkan kemerahan di wajah dampak iritasi.

Baca Juga : 8 Cara Memutihkan Kulit Badan Dengan Kunyit Dalam Dua Minggu

Siapkan satu sendok teh bunga feverfew kering dan dua cangkir air, rebus airnya.
Matikan api dan taruh feverfew dalam cangkir, biarkan 20 menit dan saring. Masukkan ke lemari es kemudian rendam lap wajah bersih ke dalamnya.
Tempelkan lap ke wajah sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi sekali sehari.

Minyak Biji Rami

Ada bukti dalam sejumlah penelitian mengenai manfaat dari minyak biji rami untuk kulit, terutama kulit yang sedang meradang. Biji rami pun dapat dipakai sebagai teknik menghilangkan bekas luka di wajah secara alami dan teknik menghilangkan tahi lalat mati di wajah. Siapkan satu sendok teh minyak biji rami dan sejumlah biji rami. Anda bisa mengonsumsi minyak biji rami tiga kali sehari sekitar dua bulan atau menjadikan biji rami sebagai cemilan sehari – hari guna mengontrol iritasi.

Minyak Lavender

Seperti minyak esensial lainnya, perhatian utama mesti diserahkan ketika sedang memakai minyak lavender. Jangan pernah pakai minyak lavender tanpa dicairkan lebih dulu sebab akan malah menyebabkan iritasi dan memperburuk kemerahan di wajah.

Siapkan tiga tetes minyak lavender dan satu sendok makan minyak almond
Campur kedua minyak dan celupkan kapas pada gabungan tersebut.
Oleskan ke wajah memakai kapas.
Ulangi dua kali sehari sekitar 2-3 minggu untuk teknik menghilangkan kemerahan di wajah dampak iritasi.

Kunyit

Kunyit ialah satu dari bahan yang berisi anti radang yang paling efektif, sehingga dapat digunakan sebagai teknik menghilangkan kemerahan di wajah dampak iritasi.

Siapkan dua sendok bubuk kunyit, satu sendok yogurt.
Campur seluruh bahan dan oleskan tipis pada wajah.
Biarkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Mentimun

Manfaat mentimun guna wajah di samping untuk teknik menghilangkan belang di wajah pun dapat menjadi teknik menyejukkan kulit dan menghilangkan kemerahan.

Siapkan satu buah mentimun dingin dan bersihkan.
Kupa dan parut mentimun lalu pakai pada kulit wajah.
Biarkan sekitar setengah jam kemudian bilas dengan air, ulangi masing-masing hari.

Baca Juga : 10 Cara Untuk Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Semoga ulasan di atas dapat membantu anda dalam Mengatasi Kulit Wajah Yang Kemerahan Akibat Iritasi dengan Bahan Alami. Lakukan secara teratur dan konsisten agar mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal